Tuesday 17 September 2013

KIR!

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sayuran dikonsumsi dengan cara yang sangat bermacam-macam, baik sebagai bagian dari menu utama maupun sebagai makanan sampingan. Kandungan nutrisi antara sayuran yang satu dan sayuran yang lain pun berbeda-beda, meski umumnya sayuran mengandung sedikit protein atau lemak, dengan jumlah vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam. Beberapa jenis sayuran bahkan telah diklaim mengandung zat antioksidan, antibakteri, antijamur, maupun zat anti racun.
Sayuran adalah makanan yang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan tubuh manusia khususnya anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, namun kenyataannya sekarang ini, banyak anak tidak suka makan sayur karena rasanya yang hambar,sehingga selera anak-anak terhadap sayuran sangat rendah. Pada zaman sekarang ini anak-anak umumnya lebih menyukai makanan instan (siap saji) seperti mie instan.Mie instan sendiri mengandung bahan-bahan kimia dan pengawetyang kurang baik bagi tubuh, minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng mie sampai kering, MSG, dan zat pewarna. Zat-zat berbahaya tersebut tidak bisa hilang walaupun sudah direbus. Sehingga para orang tua khawatir tentang kondisi anak-anak mereka yang terus menerus mengkonsumsi makanan instan tersebut.
Mie sehat dari sayuran ternyata dapat menjadi alternatif bagi anak-anak yang kurang suka mengonsumsi sayuran. Dengan mengonsumsi mie sehat ini, secara otomatis mereka mengonsumsi sayuran yang dicampur dalam mie.
Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk membahas lebih jauh tentang mie sehat  pelangi sebagai alternatif makanan sehat anak-anak.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat disusun rumusan penelitian  sebagai berikut :
1.      Apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam mie sehat pelangi?
2.      Bagaimanaproses pembuatan mie sehat pelangi?
3.      Apa saja manfaat yang terkandung dalam mie sehat pelangi?

C.    Tujuan Penelitian
1.      Mendeskripsikan kandungan yang terdapat dalam mie sehat pelangi.
2.      Mendeskripsikan proses pembuatan mie sehat pelangi.
3.      Mendeskripsikan manfaat dari mie sehat pelangi.

D.    Manfaat penelitian
1.      Manfaat bagi peneliti:
a.       Mendapat wawasan baru tentang salah satu makanan sehat.
b.      Mengamalkan ilmu bagi orang lain.
2.      Manfaat bagi produsen:
a.       Memberikan motivasi untuk membuat makanan sehat.
3.      Manfaat bagi orang tua:
a.       Mendapatkan tips makanan sehat sebagai alaternatif konsumsi.
b.      Menjadi salah satu solusi untuk anak mereka yang tidak suka sayuran.
c.       Memberikan informasi bagi orang tua tentang makanan yang aman, sehat dan mengandung zat gizi, sehingga diharapkan mereka dapat lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi bagi anak-anak mereka.
4.      Manfaat bagi anak-anak:
a.       Memberikan asupan gizi terhadap anak-anak seperti vitamin, mineral,lemak dan protein yang terkandung dalam sayuran tersebut.

BABII
LANDASAN TEORI
A.    Makanan Sehat
Makanan adalah sejenis bahan, yang asalnya bisa berasal dari hewan-hewanan dan tumbuh-tumbuhan, yang kemudian diolah atau diproses dan dimakan oleh manusia, untuk memberikan asupan energi, nutrisi, dan vitamin. Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia (Wijayati ,2008 :6) Makanan sehat mengandung gizi yang seimbang, yaitu makanan yang sarat gizi dan baik untuk dikonsumsi. Tujuan memerlukan makanan yang sehat adalah supaya tubuh tetap terjaga kesehatannya dan tubuh juga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika makanan yang dikonsumsi cukup mengandung gizi, maka pertumbuhan dan perkembangan badan akan optimal dan normal, baik perkembangan fisik maupun otak atau inteligensi.
Menurut Hulme, “makanan sehat” adalah makanan dalam arti yang sesungguhnya dan mampu menikmati makanan tersebut. Makanan yang sehat harus terdiri dari makanan utama dan makanan penunjang. Makanan sehat tersebut juga dikenal dengan istilah 4 dan 5 sempurna, tetapi kepopulerannya sudah mulai memudar karena berbagai alasan. Makan dengan lauk pauk tahu, tempe, sepotong daging, dan semangkuk sayur masih belum cukup memenuhi kebutuhan gizi. Bila dilihat, menu makan tersebut sudah dianggap memenuhi kebutuhan kalori dan protein, tetapi apakah di dalamnya sudah tercakup nutrisi lain yang diperluhkan tubuh.
B.     Anak- Anak
Penggunaan mie instan pada usia anak cukup tinggi. Karena sekitar 30% anak usia di bawah 9 – 12 tahun mengalami gangguan mengunyah dan menelan. Pada kelompok anak seperti ini seringkali mengalami pilih-pilih makanan. Biasanya anak-anak tidak menyukai makanan yang sulit dikunyah dan ditelan seperti makanan berserat keras seperti sayur, daging sapi dan nasi. Sebaliknya makanan yang tidak berserat seperti mie, telur, nugget , biskuit, krupuk dan makanan  crispy lainnya lebih banyak digemari. Hal inilah tampaknya yang mendasari mengapa pada anak-anak lebih sering mengkonsumsi mie.
C.      Mie
Mie adalah makanan khas Cina. Akan tetapi sekarang mie sudah menjadi makanan yang hampir ada di seluruh dunia. Apalagi setelah ada mie instan, kita dapat menikmatinya dimana saja dengan cara memasak yang cukup praktis.
Mie instan adalah mie yang sudah dimasak terlebih dahulu dan dicampur dengan minyak, dan bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambah air panas dan bumbu.
Mie instan diciptakan oleh Momofuku Ando tahun 1958, yang kemudian mendirikan perusahaan Nissin dan memproduksi mie instant pertama di dunia Chikin Ramen (ramen adalah sejenis mie Jepang) rasa ayam. Peristiwa penting lainnya terjadi pada 1971 dimana Nissin memperkenalkan Cup Noodle (bahasa Indonesia : mie gelas), produk mie instant dalam wadah Styrofoam tahan air yang bisa digunakan untuk memasak mie tersebut. Inovasi berikutnya termasuk menambahkan sayuran kering ke gelas. Sejak pertama kali ditemukan oleh Momofuku Ando, mie instant sudah menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Sebuah makanan yang menyesuaikan kesibukan zaman, siap saji, rasa nikmat, tetapi di sisi lain mendatangkan bahaya pada kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.
Saat ini, Indonesia adalah produsen mie instan yang terbesar di dunia.  Dengan pemasaran sekitar 12,4 milyar bungkus per tahun. Mie instan termasuk makanan cepat saji. Makanan siap saji adalah jenis makanan yang dikemas, mudah disajikan, praktis atau diolah secara sederhana. Makanan tersebut umumnya diproduksi oleh industri pengolahan pangan dengan teknologi tinggi dan memberikan berbagai zat aditif, untuk mengawetkan dan memberikan cita rasa bagi produk tersebut. Zat aditif merupakan bahan kimia yang dicampurkan ke dalam makanan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, menambah rasa dan memantapkan kesegaran produk tersebut.
Mie instan menggunakan banyak sekali bahan kimia, pewarna, pengawet dan penyedap yang dalam hal ini harus di waspadai, terutama pada anak-anak. Sekalipun aman, namun bila terus menerus kita konsumsi dalam jangka waktu yang lama, bahan kimia dapat terakumulasi di dalam tubuh. Efeknya tentu akan mengganggu sistem metabolisme karena bagaimanapun bahan kimia adalah racun bagi tubuh.
D.      Sayuran
Sayuran adalah semua jenis tanaman atau bagian dari tanaman yang dapat diolah menjadi makanan. Sebagian sayuran dapat dimakan mentah dan sebagian lagi hanya dapat dimakan setelah dimasak.Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur.
Kandungan zat gizi alami dalam sayuran sangat banyak. Kandungan nutrisi antara sayuran yang satu dan sayuran yang lain pun berbeda-beda, meski umumnya sayuran mengandung sedikit protein atau lemak, dengan jumlah vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam. Beberapa jenis sayuran bahkan telah diklaim mengandung zat antioksidan, antibakteri, antijamur, maupun zat anti racun.Selain itu klorofil dalam sayuran hijau juga mampu berfungsi sebagai pembersih alamiah (mendorong terjadinya detoksifikasi); antioksidan yang akan menetralkan radikal bebas sebelum menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh; antipenuaan dan antikanker.
Dan juga, enzim protease inhibitor yang terdapat dalam sayuran hijau dapat berfungsi sebagai pencegah timbulnya kanker, terutama kanker pada usus. Kandungan vitamin K dalam sayuran hijau berperan penting dalam proses pembekuan darah, pembentukan tulang, serta mencegah pembentukan batu ginjal. Mengonsumsi sayuran hijau secara teratur dalam setiap porsi makan dapat mempertahankan keremajaan kulit dan membantu mempertahankan kekuatan pembuluh darah agar tidak mudah pecah.
Yang tak kalah penting, kandungan antioksidan dan serat alami dalam sayuran hijau akan menjaga kesehatan dan melancarkan saluran pencernaan. Hal ini akan memudahkan sisa-sisa metabolisme yang tidak berguna keluar dari tubuh sehingga tak sempat mengendap dan menimbulkan penyakit.
Bahkan, antioksidan yang banyak ditemukan dalam sayuran hijau dapat melindungi sel mata dari cahaya ultraviolet yang merupakan penyebab utama katarak. Hal ini disebabkan karena sayuran hijau mengandung jenis antioksidan lutein dan zeaxanthin hampir 10 kali lebih banyak dibanding vitamin E yang mampu melindungi sel mata dari kerusakan yang disebabkan ultraviolet.
Contoh sayuran penghasil warna dan memiliki manfaat yaitu, bayam, kangkung, wortel, bayam merah dan kol merah, kol ungu dan kubis ungu. Kangkung memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain mengandung vitamin A, B1, dan C, kangkung juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, dan  sitosterol. Secara farmakologis, kangkung berperan sebagai antiracun (antitoksik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik), dan sedatif (obat tidur).  Sedangkan bayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium,  besi , dan serat. Bayam baik untuk kesehatan limpa, urin, sistem pencernaan, menurunkan resiko terserang kanker, dan anti diabetes. Warnamerah pada sayuran menandakan bahwa sayuran itu mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antikanker. Selain kaya vitamin C dan K, kubis ungu juga memiliki konsentrasi tinggi anthocyanin polyphenols, zat yang berperan menciptakan warna ungu pada sayur tersebut. Zat ini tak hanya memiliki efek antioksidan yang cukup baik, tapi juga terlibat dalam proses antiperadangan.
E.       Mie Sehat Pelangi
Mie pelangi merupakan makanan yang menghadirkan warna-warni pelangi yang menyehatkan karena pewarnanya diambil dari bahan pewarna alami, yaitu sayur-sayuran.Kangkung dan bayam memberi warna hijau, wortel memberi warna orange, bayam merah memberi warna merah, sedangkan kol atau kubis ungu mampu menghasilkan warna ungu.Mie pelangi yang terbuat dari sayuran seperti bayam, kangkung dan seledri tak kalah kandungan gizinya. Dengan menggunakan aneka sayur-sayuran tersebut warna mie menjadi menarik, rasanya lezat, gizinya tinggi, sehat dan aman karena pewarnanya dibuat dari sayuran.


















BAB III
METODE PENELITIAN
A.    Pendekatan Penelitian  
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll., secara rolistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata- kata dan bahasa, pada suatu kontekskhusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah( Moleong, 2005: 6).
B.     Sumber Data Dan Data Penelitian
Kami melakukan penelitian ini pada akhir-akhir minggu ini karena waktu yang kami miliki terbatas. Penelitian ini kami lakukan di sekitar lingkungan kami yang merupakan tempat yang penting bagi kami seperti rumah dan sekolah. Subjek penelitian kami adalah sebuah makanan sederhana yang sangat sering dimakan oleh masyarakat yaitu mie, namun pada saat ini terdapat banyak mie yang tidak sehat karena kandungan bahan yang membahayakan bagi tubuh terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan serta keadaan anak-anak sekarang yang tidak mau menkonsumsi sayuran karena banyaknya makanan siap saji yang malah tidak sehat dan  mengandung banyak bahan kimia, sehingga kami berinisiatif untuk membuat mie sehat pelangi sebagai alternatif makanan sehat anak sebagai subjek penelitian kami.
C.    Teknik Pengumpulan Data
Teknik dari pengumpulan data ini adalah observasi dan dokumentasi:
Observasi adalah  suatu cara pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap suatu obyek dalam suatu periode tertentu dan mengadakan pencatatan secara sistematis tentang hal-hal tertentu yang diamati.
Dokumentasi dapat dianggap sebagai materi yang tertulis atau sesuatu yang menyediakan informasi tentang suatu subyek. Dokumentasi dapat berisi tentang deskripsi-deskripsi, penjelasan-penjelasan, bagan alir, daftar-daftar, cetakan hasil komputer, contoh-contoh obyek dari sistem informasi.
D.    Teknik Analisa Data
1)      Data kualitatif yaitu dengan metode survey lapangan dan memberikan hasil percobaan kepada responden
2)      Data sekunder, dikumpulkan dengan berbagai metode dan sumber melalui data dari internet.
















BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    Kandungan Gizi dalam Mie Sehat Pelangi
Kandungan gizi yang terdapat dalam mie sehat pelangi sangat banyak. Di antaranya adalah  vitamin A, B1,C,protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, dan  sitosterol. Dan yang lebih utama lagi, dalam mie sehat pelangi mengandung banyak karbohidrat, kalsium,besi , dan serat.
Tabel 4.1Kandungan nutrisi dalam satu porsi mie sehat pelangi

Kandungan Nutrisi
Gram
Kkal
Energi
-
175
Protein
6,4
-
Lemak
1,6
-
Karbohidrat
34,4
-

Jadi, dalam satu porsi mie sehat pelangi terdapat beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Di antaranya, terdapat energi yang berjumlah 175 Kkal, protein yang berjumlah 6,4 gram, lemak yang berjumlah 1,6 gram dan karbohidrat yang berjumlah 34,4 gram.
Mie pelangi yang terbuat dari sayuran seperti bayam, kangkung dan seledri tak kalah kandungan gizinya. Seledri mempunyai kandungan gizi yang cukup baik antara lain, kalori, protein, lemak, hidrat arang,  kalsium, fosfor, besi, Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C.Kangkung memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain mengandung vitamin A, B1, dan C, kangkung juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten dan sitosterol.Sedangkan bayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, besi dan serat.
Pada proses pembuatan mie yang kami lakukan kami menggunakan bayam dan wortel sebagai bahan pewarna karena memiliki kandungan nutrisi yang banyak.
 Bayam (Spinacia oleracea) merupakan tanaman berbunga, sayuran berdaun hijau gelap berasal dari Asia Tengah dan barat daya Asia. Bayam merupakan tanaman tahunan, yang tumbuh hingga ketinggian 30 cm. Bayam dapat bertahan hidup selama musim dingin di daerah beriklim. Daun alternatif, sederhana, sangat bervariasi dalam ukuran dari sekitar 2-30 cm panjangnya.
Bayam merupakan salah satu sayuran berdaun hijau terbaik karena dikemas dengan banyak manfaat kesehatan dan nilai gizi. Bayam dapat dimasak atau dimakan mentah, tapi dianjurkan untuk dikukus atau memakannya mentah, misalnya sebagai salad, karena itu bisa mempertahankan nutrisi di dalamnya.

Tabel 4.2Kandungan Nutrisi Sayuran

No
Kandungan Nutrisi Sayuran
Wortel
Bayam
1.
Karbohidrat
9 g
2, 7 g
2.
Protein
19 g
2, 1 g
3.
Kalsium
33 mg
90, 0 mg
4.
Energy
173 kj
-
5.
Zat gula
5 g
-
6.
Diet serat
3 g
-
7.
Lemak
0,2 g
0, 2 g
8.
Vitamin A equiv
835 mg
-
9.
Beta karoten
8285 mg
4080, 0 mg
10.
Thiamine (vitamin B1)
0, 04 mg
0, 08 mg
11.
Riboflavin (vitamin B2)
0, 05 mg
0, 15 mg
12.
Niacin (vitamin B3)
1,2 mg
0, 7 mg
13.
Vitamin B6
0, 1 mg
-
14.
Folat (vitamin B9)
19 mg
-
15.
Vitamin C
7 mg
76, 0 mg
16.
Zat besi
0, 66 mg
3, 8 mg
17.
Magnesium
18 mg
-
18.
Fosfor
35 mg
29, 0 mg
19.
Kalium
240 mg
385, 0 mg
20.
Sodium
2, 4 mg
-

B.     Proses Pembuatan Mie Sehat Pelangi
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
Bahan  Mie (per-warna) :
1.      500 gr tepung terigu protein tinggi
2.      2 butir telur
3.      100 cc air pewarna alami(masukkan perlahan2, sambil adonan diuleni) ~ 1/2 sdt garam
Description: G:\KIR\Image0632.jpg
Gambar 4.1 Bahan pembuatan mie sehat pelangi
Cara membuat  air pewarna alami :
1.      Wortel untuk warna oranye
2.      Bayam merah atau kol merah untuk warna merah
3.      Bayam, kangkung atau sawi untuk warna hijau
4.      Kol ungu atau kubis ungu untuk warna ungu
Caranya mudah, potong kecil2 lalu hancurkan dengan juicer / blender, tambahkan air sedikit2,lalu peras sarinya, ambil airnya, sama seperti memeras kelapa untuk mengambil santannya.
Cara membuat Mie:
1.      Uleni adonan sampai kalis benar dan permukaan halus.
2.      Tipiskan dengan adonan mie dari ukuran yang terbesar, sampe ukuran yang dikehendaki, (jangan lupa beri tepung sagu/kanji di sela2 menipiskan adonan) cetak di cetakan mie.
3.      Bubuhkan tepung sagu pada mie, supaya mie tidak lengket satu dengan yang lain.
Description: G:\KIR\Image0634.jpg
Gambar 4.2 hasil pembuatan mie sehat pelangi
C.    Manfaat yang terkandung dalam Mie Sehat Pelangi
Pada mie sehat pelangi tentu terdapat manfaat yang terkandung didalamnya, karena sabagian mie sehat pelangi ini terbuat dari bahan yang alami yakni sayuran seperti wortel, bayam, kangkung dan lainnya.
1.      Beberapa manfaat kesehatan dari Bayam:
a)      Melawan Sel Kanker
Vitamin A dan C ditambah serat, folic acid, dan 13 jenis flavonoid yang berbeda ditemukan dalam bayam sangat bermanfaat dalam melawan sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan tersebut menurunkan resiko kanker sebesar 34%, terutama pada kanker payudara, kanker leher rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.
b)      Anti-inflamasi (Peradangan)
Bayam mengandung sifat alkalinity tinggi yang menjadi sayuran pilihan yang sempurna makanan untuk orang yang menderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.
c)      Mengurangi Resiko Penyakit Cardiovascular
Bayam merupakan sumber folate yang baik, yang dapat mengurangi homocysteine​​, amino acid yang ditemukan dalam darah. Tinggi tingkat homocysteine ​​merupakan faktor resiko untuk penyakit cardiovascular. Bayam juga mengandung choline dan inositol, yang membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.
d)     Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat seimbang mineral ini sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi, dimana kalium menurunkan dan kadar sodium meningkatkan. Folate ditemukan dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan aliran darah yang tepat.
e)      Mencegah Osteoporosis
Secangkir daun bayam segar menyediakan hampir 200% dari nilai harian untuk vitamin K. Jumlah tinggi vitamin k dalam bayam sangat penting untuk memberikan asupan kalsium dalam tulang, sehingga penting untuk mencegah osteoporosis. Selain itu, mineral lainnya seperti magnesium yang hadir, zinc, copper dan phosphorus dalam bayam juga membantu dalam membangun tulang yang kuat.
f)       Mencegah Diabetes, Menstabilkan Gula Darah
Bayam juga sangat berguna bagi orang yang menderita diabetes. Magnesium ditemukan dalam bayam membantu mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Konsumsi rutin bayam membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.
g)      Mencegah Anemia
Bayam merupakan sumber yang sangat baik dari zat besi. Jumlah yang tinggi zat besi dalam bayam sangat bermanfaat dalam mencegah anemia. Zat besi membantu regenerasi atau memperbanyak sel-sel darah merah, yang membawa oksigen ke setiap bagian dari tubuh.
h)      Baik untuk Menurunkan Berat Badan
Bayam mengandung sejumlah besar zat besi yang meningkatkan metabolisme serta jumlah oksigen yang mengalir melalui tubuh Anda.Hasilnya, tubuh membakar lebih banyak lemak sehingga menurunkan berat badan.
i)        Meningkatkan Penglihatan
Bayam merupakan sumber yang kaya Lutein, carotenoid yang dikenal untuk membantu melindungi terhadap katarak dan lainnya yang berkaitan dengan usia degenerasi macular. Bayam juga kaya vitamin A, yang membuatnya sangat bermanfaat untuk penglihatan.

j)        Pertahankan Gastrointestinal (Usus) Yang Sehat
Beta-caroten dan vitamin C yang terkandung dalam bayam bekerja untuk melindungi sel-sel usus besar dari efek berbahaya terhadap radikal bebas. Folate ditemukan dalam bayam juga membantu mencegah mutasi dan kerusakan DNA dalam sel usus.
k)      Lindungi Kulit Terhadap Sinar UV
Vitamin B dalam bayam membantu dalam melindungi kulit dari sinar matahari terutama UV. Ini memastikan memiliki kulit bersinar sehat.
l)        Mempromosikan Kehamilan Sehat
Tumbuhnya janin memerlukan folate untuk pengembangan yang tepat dari sistem saraf baru. Vitamin A ditemukan dalam bayam juga dibutuhkan dalam pengembangan paru-paru janin dan selama menyusui.
m)    Mencegah Penyakit Alzheimer
Rendahnya tingkat vitamin B12 atau folate mungkin memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer dan bayam kaya akan kedua nutrisi penting ini, sehingga membantu mencegah resiko penyakit Alzheimer.
n)      Memperlambat Proses Penuaan
Bayam juga dikenal sebagai sayuran anti-penuaan yang memperlambat degenerasi terkait usia dan mencegah penuaan dini.
o)      Mengobati Pendarahan Gusi
Sebuah campuran bayam dan jus wortel sangat membantu dalam mengobati gusi berdarah yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan asupan gula terlalu banyak.


2.      Beberapa manfaat dari wortel :
a)      Mampu mencegah kanker.
Dibandingkan dengan sayuran lain, wortel paling banyak mengandung beta karoten, rata - rata 12.000 IU ; para ahli menganjurkan 15.000 - 25.000 IU perhari. Ini terkait kandungan tinggi beta karoten yang mampu mencegah penyakit kanker, karena sifat antioksidanya yang melawan kerja destruktif sel - sel kanker. Disamping itu beta karoten membantu sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan "killer cell" alami.
b)      Memperbaiki sistem pencernaan
Warna kuning/oranye dari wortel menunjukkan kandungan karotin. Jus wortel memiliki efek terhadap kesehatan. Minum jus wortel juga bagus untuk efek pembersihan liver dengan kandungan vitamin A yang ada dalam sayuran ini. Vitamin A mengurangi empedu dan lemak di dalam liver
c)      Mencegah rabun senja dan Memperbaiki penglihatan
Karoten juga baik untuk kesehatan mata. Membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai vitaminosis A, dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja.
d)     Menurunkan kolesterol darah
Didalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Dengan adanya kandungan kalium dalam wortel, dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin didalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan, orang-orang yang mengkonsumsi wortel secara teratur, memiliki kemungkinan terkena kanker paru-paru lebih kecil, meskipun ia perokok. Hasil penelitian di Scotlandia pada tahun 1979 menunjukkan orang sehat yang makan 7 ons wortel mentah setiap hari, kadar kolesterol darahnya turun sampai 11%.
e)      Menurunkan tekanan darah tinggi
Kandungan mineral yang terdapat dalam wortel adalah kalium. Untuk mineral berfungsi menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu tekanan darah serta membantu menetralkan asam dalam darah.
f)       Mengatasi luka bakar:
Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.
g)      Mengatasi nyeri haid:
250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu lender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.
h)      Mengatasi sembelit:
Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.
i)        Menghaluskan wajah:
Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas.







BAB V
PENUTUP
A.    SIMPULAN
1.      Dalam mie sehat pelangi, terdapat kandungan nutrisi yang bermacam-macam dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Kandungan gizi dalam mie sehat pelangi juga dapat memenuhi kebutuhan tubuh manusia. karena kandungan dari bahan-bahan mie sehat pelangi memiliki nutrisi yang cukup, sehingga aman untuk dikonsumsi sebagai makanan alternatif yang menyehatkan.
2.      Proses pembuatan mie sehat pelangi sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga dapat dilakukan oleh semua orang terutama para ibu yang menyiapkan makanan mie sehat pelangi untuk anak-anak mereka. Mie yang kami buat memang tidak tahan lama karena tidak memakai bahan/penggunaan zat pengawet maupun boraks. Bahkan zat pewarna mie-pun kami peroleh dari bahan alami seperti buah dan sayuran.
3.      Manfaat dari mie sehat pelangi adalah sebagai alternatif makanan sehat anak- anak karena mengandung berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam sayuran seperti manfaat yang terkandung dalam sayuran bayam dan wortel.

B.    SARAN
  1. orang tua hendaknya mengetahui tentang bahaya makanan cepat saji pada masa sekarang yang banyak  mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh manusia terutama anak-anak.
  2. Orang tua hendaknya menjaga asupan gizi pada makanan yang dimakan oleh anak-anak mereka.
  3. Penelitian yang kami lakukan mungkin belum sempurna dan terdapat banyak keslahan yang kami buat dengan sengaja maupun tidak, sehingga kami sarankan untuk melakukan penelitian yang lebih dalam dan mengembangkan kembali secara luas dalam penelitian ini.
  4. Kami sarankan bagi pembaca untuk tidak hanya terpaku pada penelitian kami dan bisa mencari tahu lebih dalam lagi tentang penelitian ini di berbagai media yang lain.













1 comment:

  1. Matchpoint Review: the best sportsbook and casino
    MatchPoint is matchpoint an innovative online 12bet gambling platform which offers 1xbet online betting, casino games, sports betting, and a wide variety of sports betting options.

    ReplyDelete